Kategori
Uncategorized

Langkah untuk Mencegah Osteoporosis

Langkah untuk Mencegah Osteoporosis РBeberapa orang mengira penyakit osteopososis merupaka penyakit lansia yang cuma menyerang usia tua saja. Namun, penyakit yang menyebabkan pengeroposan tulang ini bisa dialami siapa saja, mulai dari anak anak sampai dewasa. Biasanya gelaja osteoporosis meningkat dengan bertahap, oleh sebab itu, penting untuk memahami cara mencegah osteoporosis sejak muda. Berikut inilah 5 cara mencegah osteoporosis yang bisa dipraktikan dala kehidupan sehari hari suapaya tulang tetap kuat.

1. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan menjaga kadar fostor dalam darah. Kesehatan tulang, sebabnya konsumsi vitamin D yang cukup dalam menunjang kekuatan tulanng RTP dan mencegah terjadinya keropos tulang. Vitamin D dapat dengan rutin berjemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 10-15 menit, dengan tetap memakai tabir surya. Selain itu, kalian juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman kaya vitamin D seperti telur, susu, sereal, salmion, tuna, dan sejenisnya. Apabila ditubuhkan, kalian juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D.

2. Lengkapi Kebutuhan Kalsium

Kalsium mempunyai peranan dalam menguatkan tulang, maka dari itu, penting untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian demi menunjang kesehatan tulang, Kalian bisa mengkonsumsi makanan kalsium tinggi setiap harinya. Kalian bisa mengkonsumsi makanan seperti olahana kedelai, sayuran hijau dan kacang almond.

3. Berolahraga

Cara untuk mencegah osteoporosis yang pertama ialah dengan rutin berolahraga aktif bergerak dan berolaharaga bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, apalagi jika dilakukan rutin sejak masa dini dan remaja.

Kalian bisa memilih berolahraga favorit untuk dijadwalkan setipa harinya, seperti latihan beban dan ketahanan yang mempunyai tujuan memperkuat otot dan tulang. Lakukan dengan berkala supaya menjadi bekal kesehatan tulang di masa depan. Terutama saat kepadatan tulang mencapai puncak maksimalnya pada usia 30 tahun.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak meroko dan meminum alkohol, dan mengurangi minuman bersoda adalah salah satu awal pembentukan tulang sehat dan kuat. Hal tersebut disebabkan kandungan alkohol bisa menurunkan kemapuan tubuh dalam menyimpan kalsium, begitu juga dengan minuma bersoda yang bisa memicu pelepasan kalsium sampai mengurangi kepadatan tulang.