Kategori
Uncategorized

5 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Sebagai Pengobatan Herbal

5 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Sebagai Pengobatan Herbal – Sirsak salah satu buah yang banyak digemari lantaran rasanya yang asam manis. Biasanya buah ini dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan makanan lain. Buah ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan air yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya daging buahnya yang kaya manfaat, daunnya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat daun sirsak sangat banyak. Bahkan seringkali daun dari tanaman sirsak menjadi obat herbal dengan perpaduan bahan alami lainnya. Dikutip dari laman rsud.bulukumbakab.go.id dan sehatq.com, ┬ábeberapa manfaat dari sirsak di antaranya sebagai berikut ini.

5 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Sebagai Pengobatan Herbal

Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Cara mengatasinya bisa dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan tryptophan di dalam daun sirsak bisa memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat anda bisa lebih cepat tertidur. Dengan demikian insomnia bisa teratasi. slot server kamboja no 1

Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antioksidan seperti asam linoleat, annocatalin, annohexocin, dan anomurine di dalam daun sirsak ternyata berfungsi untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, senyawa baik lainnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imun yang kuat, Anda bisa terhindar dari penyakit.

Mengobati Penyakit Kanker

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan acetogenin di dalam daun sirsak ternyata memiliki sifat antikanker yang kuat. Bahkan diketahui cara kerja dari daun sirsak ini hampir sama dengan pengobatan kemoterapi yang menghambat pembelahan DNA sel kanker. Jika pembelahan sel dihambat, penyakit kanker bisa dicegah bahkan bisa disembuhkan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus ke dalam air kemudian minum setiap hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat rebusan daun sirsak selanjutnya yakni bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Antioksidan di daun sirsak bisa mengkontrol kolesterol jahat. Selain menurunkan kadar kolesterol, daun sirsak bisa mencegah kolesterol. Anda bisa minum air rebusan daun sirsak setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

Menurunkan Risiko Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi ketika kadar darah di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini bisa saja menyebabkan penyakit pada jantung. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran karena memiliki antioksidan yang bisa melenturkan pembuluh darah.